SILABUS DAN BAHAN PERKULIAHAN
SEMESTER GENAP PGMI
TAHUN 2011-2012
KOMPETENSI DASAR-DASAR PENDIDIKAN
1. 1. GEJALA-GEJALA PENDIDIKAN
2. 2. KONSEP PENDIDIKAN
3. 3. PANDANGAN ILMIAH , FILOSOFIS DAN ISLAM TENTANG MANUSIA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN
4. 4. PENDIDIKAN SEBAGAI SEBUAH SISTEM
5. 5. TEORI-TEORI DAN ALIRAN PENDIDIKAN
6. 6. LEMBAGA-LEMBAGA PENDIDIKAN
7. 7. DEMOKRASI PENDIDIKAN
8. 8. KONSEP PENDIDIKAN SEUMUR HIDUP
9. 9. SISDIKNAS
10 10.INOVASI PENDIDIKAN
11.11. PANDANGAN ISLAM TERHADAP DEMOKRASI PENDIDIKAN
SILABUS DAN BAHAN PERKULIAHAN
SEMESTER GENAP PGMI
TAHUN 2011-2012
No. | Bahasan | Pokok Bahasan |
1. | Pengertian Pendidikan dan Ilmu Pendidikan | 1 Pengertian Pendidikan secara Sempit 2 Pengertian pendidikan secara Luas 3 Pengertian Pendidikan secara Alternatif 4 Pengertian Ilmu Pendidikan |
2. | Pendidikan sebagai Ilmu Pengetahuan | 1 Syarat-syarat berdirinya Ilmu Pengetahuan 2 Ilmu Pendidikan sebagai Ilmu Normatif, teoritis dan Praktis 3 Cabang-cabang dan Ilmu Bantu pendidikan |
3. | Pendidikan Sebagai Sebuah Sistem | 1 Pengertian Sistem 2 Teori Sistem (Karakteristik dan Model) 3 Analisis Pendidikan Sebagai Sistem |
4. | Teori-teori Pendidikan Pendidikan Klasik | 1 Pendidikan dalam Perspektif Empiris 2 Pendidikan dalam Perspektif Nativisme 3 Pendidikan dalam Perspektif Konvergensi |
5. | Faktor-faktor Pendidikan | 1 Pengertian Faktor Pendidikan 2 Macam-macam Faktor Pendidikan • Peserta Didik • Tujuan • Materi • Alat 3 Hubungan Timbal Balik antar faktor Pendidikan |
6. | Peserta Didik sebagai Faktor Pendidikan | 1 Pengertian Peserta Didik 2 Karakter Manusia sebagai Peserta Didik 3 Batas Awal dan Akhir Pendidikan |
7. | Tujuan sebagai Faktor Pendidikan | 1 Pengertian Tujuan 2 Fungsi Tujuan 3 Sumber dan Dasar Perumusan Tujuan pendidikan 4 Jenis dan Hirarki Tujuan Pendidikan |
8. | Materi sebagai Faktor Pendidikan | 1 Pengertian Materi Pendidikan 2 Cakupan Materi Pendidikan 3 Pembidangan Pendidikan berdasarkan Materi Pendidikan |
9. | Alat-alat Pendidikan | 1 Pengertian Alat Pendidikan 2 Macam-macam Alat Pendidikan 3 Kriteria Pemilihan Alat Pendidikan |
10. | Komponen Pendidikan | 1 Pengertian Komponen Pendidikan 2 Macam-macam Komponen Pendidikan (a) Raw Input, (b) Instrumental Input, (c) Environmental Input 3 Hubungan Timbal Balik antar Komponen Pendidikan |
11. | Lingkungan dan Lembaga Pendidikan | 1 Pengertian Lingkungan dan Lembaga Pendidikan 2 Bentuk-bentuk Lingkungan Pendidikan 3 Bentuk-bentuk Lembaga Pendidikan |
12. | Peranan Keluarga, Pemerintah dan Masyarakat dalam Pendidikan | 1 Tanggung Jawab Pendidikan oleh Orang Tua 2 Tanggung Jawab Pendidikan oleh Pemeruntah 3 Tanggung Jawab Pendidikan oleh Masyarakat |
13. | Hubungan Timbal Balik antara Lingkungan Pendidikan | 1 Pengaruh Keluarga terhadap Sekolah dan Masyarakat 2 Pengaruh Sekolah terhadap Keluarga dan Masyarakat 3 Pengaruh Masyarakat terhadap Keluarga dan Sekolah |
14. | Dasar-dasar Pelaksanaan Pendidikan | 1 Aspek Biologis 2 Aspek Psikologis 3 Aspek Sosiologis 4 Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional |
SILABUS (1)
Mata Kuliah : Psikologi Perkembangan
Jurusan/Prodi : Tarbiyah/ PAI
Tingkat/Semester : Ganjil
SKS : 2
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah psikologi perkembangan bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pengertian tentang psikologi perkembangan kepada mahasiswa sehingga mahasiswa mampu memahami kekhasan yang ada pada kehidupan manusia sebagai maklhuk indvidu dan social. Mata kuliah ini memfokuskan pada studi tentang perubahan-perubahan dan perkembangan struktur jasmani, perilaku dan fungsi mental manusia dalam berbagai tahap kehidupannya. Sehingga selain memahami sejarah perjalanan kehidupannya dari sebelum lahir hingga lanjut usia, mahasiswa juga mampu mengetahui kedudukan psikologi perkembangan dalam pendidikan.
Kompetensi Mata Kuliah
a. Mahasiswa memiliki pengetahuan dan konsep dasar teoritis dan praktis tentang konsep psikologi perkembangan manusia
b. Memberikan bekal kepada mahasiswa dalam memecahkan berbagai permasalahan pendidikan dengan perspektif psikologi perkembangan manusia.
Tujuan Mata Kuliah
Selesai mata kuliah mahasiswa mampu menganalisa berbagai fenomena dan praktik, serta permasalahan pendidikan dengan perspektif psikologi perkembangan
Strategi Penunjang:
a. Mahasiswa mendiskusikan materi yang disampaikan.
b. Mahasiswa melakukan riset melalui studi pustaka atau sudi lapangan
c. Mahasiswa mempresentasikan hasil riset /studi pustaka seminar kelas
Strategi Anjuran
a. Kehadiran mengikuti kuliah= 20%
b. Tugas terstruktur = 20%
c. Ujian Tengah Semester (UTS) = 20%
d. Ujian Akhir Semester (UAS) = 40%
Topik Perkuliahan
a. Pengertian Psikologi Perkembangan
b. Isu-isu Penting dalam Psikologi Perkembangan
c. Teori-Teori dan Metode Psikologi Perkembangan
d. Perkembangan Masa Pre natal dan Kelahiran
e. Perkembangan Masa Bayi
f. Perkembangan Masa Anak-Anak Awal
g. Perkembangan Masa Pertengahan dan Akhir Masa Anak-Anak
h. Perkembangan Masa Remaja
i. Perkembangan Masa Dewasa dan Tua
j. Urgensi Psikologi Perkembangan dalam Pendidikan
k. Kepribadian dan Perkembangan Peserta Didik
Referensi Wajib
1. Desmita, Psikologi Perkembangan, Rosda Karya, 2008
2. Abu Ahmadi, dkk. Psikologi Belajar, Rineka Cipta.2008
3. Baharuddin, Pendidikan dan Psikologi Perkembangan, Ar Ruzz Media, 2009
4. Sarlito Wirawan Sarwono, Psikologi Sosial, Raja Grafindo Persada, 2010
5. Abu Ahmadi, dkk. Psikologi Perkembangan, Rineka Cipta. 2005
6. DLL
Kebumen, 09 September 2011
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SILABUS (2)
Jurusan/Program studi : Tarbiyah/PGMI
Mata Kuliah : Pendidikan Dasar IPS
Tingkat/Semester : Ganjil/III
SKS : 2
- Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah pendidikan dasar IPS bertujuan untuk memberikan bekal konsep dan pengetahuan tentang pendidikan dasar IPS khususnya untuk pembelajaran di SD/MI sehingga mahasiswa mampu memahami dan menguasai konsep dan pengetahuan tentang pendidikan dasar IPS untuk SD/MI. Mata kuliah ini memfokuskan pada studi tentang pengertian ilmu sosial dan ruang lingkup IPS, tujuan dan manfaat pendidikan IPS, tantangan dan permasalahan pendidikan IPS serta materi-materi pembelajaran IPS ditingkat SD/MI. Sebagai out put diharapkan mahasiswa mampu menguasai konsep dan pengetahuan pendidikan dasar IPS secara optimal.
- Kompetensi Mata Kuliah
a. Mahasiswa memiliki pengetahuan dan konsep dasar teoritis dan praktis tentang konsep pendidikan dasar IPS
b. Memberikan bekal kepada mahasiswa dalam memecahkan berbagai permasalahan pendidikan IPS
c. Menguasai materi atau pengetahuan IPS dengan baik
- Tujuan Mata Kuliah
a. Selesai mata kuliah mahasiswa mampu memiliki pengetahuan dan konsep dasar teoritis dan praktis tentang konsep pendidikan dasar IPS
b. Mempunyai bekal dalam memecahkan berbagai permasalahan pendidikan IPS
c. Menguasai materi atau pengetahuan IPS dengan baik
- Strategi Pembelajaran
1. Strategi Utama :
a. Dosen memberikan deskripsikan mata kuliah yang akan disampaikan.
b. Dosen/fasilitator menyampaikan Materi Perkuliahan pertemuan 1– 4
c. Dosen melakukan pendekatan intelektual ilmiah.
2. Strategi Penunjang:
a. Mahasiswa mendiskusikan materi yang disampaikan.
b. Mahasiswa melakukan riset melalui studi pustaka atau studi lapangan
c. Mahasiswa mempresentasikan hasil riset /studi pustaka seminar kelas
3. Strategi Anjuran
a. Kehadiran mengikuti kuliah= 20%
b. Tugas terstruktur = 20%
c. Ujian Tengah Semester (UTS) = 20%
d. Ujian Akhir Semester (UAS) = 40%
- Evaluasi Perkuliahan
Evaluasi perkuliahan dengan melalui ujian tulis, presentasi, pembuatan makalah individu, book report, dsb
- Topik Perkuliahan
a. Konsep IPS dan Ruang Lingkupnya
b. Kegagalan dan Tantangan, Potensi dan Pemberdayaan Pendidikan IPS
c. Kehidupan Sosial
d. Sejarah Perkembangan Hindhu Budha di Indonesia
e. Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia
f. Kolonialisme dan Imperialisme di Indonesia
g. Perjuangan Kemerdekaan Indonesia dan Isu-Isu Kontroversial Sejarah Indonesia
h. Keragaman Bentuk, Bumi, Proses Pembentukan dan Dampaknya terhadap Kehidupan Manusia
i. Peta, Atlas dan Globe
j. Kondisi Geografis Wilayah dan Penduduk
k. Kebudayaan, Budaya Lokal dan Toleransi Sosial
l. Kehidupan dan Perilaku Ekonomi
m. Produksi, Distribusi dan Konsumsi
n. Badan Usaha dan Sistem Perekonomian
o. Pasar, Uang, Lembaga Keuangan dan Perdagangan
- Referensi Wajib
1. Abu Suud. Revitalisasi Pendidikan IPS. Universitas Negeri Semarang Press. 2008
2. Jamal Mamur Asmani. Fiqh Sosial Kiai Sahal Mahfudh. Khalista, 2007
3. IPS 2. LAPIS PGMI, 2008
4. Sarlito Wirawan Sarwono. Psikologi Sosial, Raja Grafindo Persada, 2010
5. Dll
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Silabus (3)
Mata Kuliah : Sosiologi Pendidikan
Jurusan/Prodi : Tarbiyah/ PAI
Tingkat/Semester : Ganjil
SKS : 2
- Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Sosiologi Pendidikan bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pengertian dasar kepada mahasiswa mengenai cara berpikir secara teoritis dan teknis untuk melihat konsep manusia sebagai makhluk budaya dan hubungan antarmanusia dalam proses pendidikan. Selain itu, mata kuliah ini juga memberikan bekal kepada mahasiswa agar mereka dapat turut memecahkan berbagai permasalahan pendidikan yang muncul akibat adanya perubahan sosial yang terjadi di masyarakat dengan menggunakan perspektif ilmu social dalam hal ini adalah sosiologi.
- Kompetensi Mata Kuliah
a. Mahasiswa memiliki pengetahuan dan konsep dasar teoritis dan praktis tentang konsep manusia sebagai makhluk budaya dan hubungan antarmanusia dalam proses pendidikan
b. Memberikan bekal kepada mahasiswa dalam memecahkan berbagai permasalahan pendidikan dengan perspektif sosiologi
- Tujuan Mata Kuliah
Selesai mata kuliah mahasiswa mampu menganalisa berbagai fenomena dan praktik, serta permasalahan pendidikan dengan perspektif sosiologi
- Strategi Pembelajaran
1. Strategi Utama :
a. Dosen memberikan deskripsikan mata kuliah yang akan disampaikan.
b. Dosen/fasilitator menyampaikan Materi Perkuliahan pertemuan 1 – 4
c. Dosen melakukan pendekatan intelektual ilmiah dengan pendekatan fenomena sosial.
2. Strategi Penunjang:
a. Mahasiswa mendiskusikan materi yang disampaikan.
b. Mahasiswa melakukan riset melalui studi pustaka
c. Mahasiswa mempresentasikan hasil riset /studi pustaka seminar kelas
3. Strategi Anjuran
a. Kehadiran mengikuti kuliah= 20%
b. Tugas terstruktur = 20%
c. Ujian Tengah Semester (UTS) = 20%
d. Ujian Akhir Semester (UAS) = 40%
- Evaluasi Perkuliahan
Evaluasi perkuliahan dengan melalui ujian tulis, presentasi, pembuatan makalah individu, book report, dsb
- Topik Perkuliahan
a. Pengertian dan bangunan ilmu sosiologi
b. Relasi sosiologi dan sosiologi pendidikan
c. Ruang lingkup dan dan obyek pembahasan sosiologi pendidikan
d. Kontribusi sosiologi terhadap pendidikan
e. Pengaruh positivistik bagi dunia ilmu pendidikan
f. Pemanfaatan sosiologi dalam penelitian pendidikan
g. Urgensi sosiologi pendidikan bagi calon guru
h. Stratifikasi sosial dalam masyarakat
i. Teori teori dan tokoh-tokoh sosiologi pendidikan
j. Pendidikan dan pembebasan masyarakat
k. Kolonialisme pendidikan
l. Globalisasi pendidikan dan industrialisasi pendidikan
m. Pengaruh modernisme dan post modernisme bagi dunia pendidikan
- Referensi Wajib
1. Ary H. Gunawan, Sosiologi Pendidikan, Rineka Cipta, 2000
2. Soeryo Soekanto, Pengantar Sosiologi
3. DLL
SILABUS (4)
Mata Kuliah : Ilmu Sosial dan Budaya Dasar
Jurusan/Prodi : Tarbiyah/ PAI
Tingkat/Semester : Ganjil
SKS : 2
- Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Ilmu Sosial dan Budaya Dasar bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pengertian dasar kepada mahasiswa mengenai cara berpikir secara teoritis dan teknis untuk melihat konsep manusia sebagai makhluk budaya dan hubungan antar manusia dalam kehidupan baik hubungannya dengan alam, manusia dan penciptanya. Selain itu, mata kuliah ini juga memberikan bekal kepada mahasiswa agar mereka dapat turut memecahkan berbagai permasalahan pendidikan yang muncul akibat adanya perubahan sosial yang terjadi di masyarakat dengan menggunakan perspektif ilmu social dalam hal ini adalah sosiologi.
- Kompetensi Mata Kuliah
a. Mahasiswa memiliki pengetahuan dan konsep dasar teoritis dan praktis tentang konsep manusia sebagai makhluk budaya dan hubungan antarmanusia dengan alam, lingkungan dan penciptanya.
b. Memberikan bekal kepada mahasiswa dalam memecahkan berbagai permasalahan masyarakat dengan perspektif social.
No | TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM | MATERI | KEGIATAN PERKULIAHAN | PENILAIAN | SKS | MEDIA | SUMBER BAHAN |
1. | Setelah mempelajari bab ini mahasiswa mampu memahami pengertian, fungsi, kedudukan, visi, serta pentingnya pengantar Ilmu Social dan Budaya Dasar | ISBD SEBUAH PENGANTAR |
| · Ujian tertulis · penugasan membuat makalah | 2 | · papan tulis · media power point · LCD | · P.Hariyono · Mawardi,dkk · H.Hartomo Dan Arnicun Azis dll |
2. | Mahasiswa mampu memahami manusia sebagai makhluk budaya | MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK BUDAYA |
| · Ujian tertulis · penugasan membuat makalah | · papan tulis · media power point · LCD | · P.Hariyono · Koentjaraningrat · Mulyono Dj · Mawardi,dkk · H.Hartomo Dan Arnicun Azis dll | |
3. | Mahasiswa mampu memahami alam pemikiran manusia dan dampaknya terhadap kehidupan manusia | ALAM PEMIKIRAN MANUSIA |
| · Ujian tertulis · penugasan membuat makalah | · papan tulis · media power point · LCD | · P.Hariyono · Mawardi,dkk · H.Hartomo Dan Arnicun Azis Dll | |
4. | Mahasiswa mampu memahami apresiasi nilai-nilai kemanusiaan | APRESIASI NILAI-NILAI KEMANUSIAAN |
| · Ujian tertulis · penugasan membuat makalah | · papan tulis · media power point · LCD | · P.Hariyono · Internet · Ernest Hemingway · Internet · Dll | |
5. | Mahasiswa mampu memahami latar belakang, dan kaidah tentang muncul dan berkembangnya peradaban hingga post modernisme | PERADABAN MANUSIA HINGGA POST MODERNISME |
| · Ujian tertulis · penugasan membuat makalah | · papan tulis · media power point · LCD | · P.Hariyono · internet · dll | |
6. | Mahasiswa mampu memahami manusia sebagai individu dan sebagai bagian dari masyarakat dalam kaitannya dengan kaidah social, jenis-jenis kaidah social, serta menyadari adanya nilai-nilai kemanusiaan yang melandasi ketertiban social | MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK INDIVIDU DAN SOSIAL |
| · Ujian tertulis · penugasan membuat makalah | · papan tulis · media power point · LCD | · P.Hariyono · Mawardi,dkk · H.Hartomo Dan Arnicun Azis · Internet · dll | |
7. | Mahasiswa mampu memahami tentang keragaman, kesedarajatan dan kemartaban manusia | MANUSIA KERAGAMAN, KESEDERAJATAN, DAN KEMARTABATAN |
| · Ujian tertulis · penugasan membuat analisis dalil qur’an dan hadist ttg konsep kesederajatan, keragaman, kemartabatan | · papan tulis · media power point · LCD | · P.Hariyono · UUD 1945 · Al Qur’an · Hadits · Internet · dll | |
8. | Mahasiswa mampu memahami latar belakang lahirnya sains, teknologi dan seni serta memahami pengertian, fungsi, kedudukan, visi, dan dampaknya terhadap kehidupan manusia | MANUSIA SAINS, TEKNOLOGI DAN SENI |
| · Ujian tertulis · penugasan membuat makalah | · papan tulis · media power point · LCD | · P.Hariyono · Mawardi,dkk · Buku Pemikiran Guru Besar IPB · H.Hartomo Dan Arnicun Azis Dll | |
9. | Mahasiswa mampu memahami latar belakang lahirnya nilai, moral dan hokum serta memahami pengertian, fungsi, kedudukan, visi, dan dampaknya terhadap kehidupan manusia | NILAI, MORAL DAN HUKUM |
| · Ujian tertulis · penugasan kliping tentang nilai, moral dan hokum | · papan tulis · media power point · LCD | · J.B Daliyo · Indah Sri Utari · Koentjaraningrat · P.Hariyono · Jurnal Hukum UI · dll | |
10. | Mahasiswa mampu memahami hubungan manusia dengan lingkungan | MANUSIA DAN LINGKUNGAN |
| · Ujian tertulis · penugasan membuat makalah | · papan tulis · media power point · LCD | · P.Hariyono · Mawardi,dkk · Buku Pemikiran Guru Besar IPB · H.Hartomo Dan Arnicun Azis dll |